Munkar dan Nakīr (Arab: منكر و نكير) dalam eskatologi Islam adalah dua malaikat yang menanyakan atau menguji keyakinan dari orang yang sudah mati dialam barzakh.

Menurut nasihat Islam, sesudah kematian dari setiap jiwa akan menuju barzakh atau dunia kubur, dimana si mayat akan bisa kembali struktur dan berkata ketika ditanya oleh kedua malaikat Munkar dan Nakir, walaupun tubuhnya sudah hancur. Pertanyaan akan dimulai ketika babak penguburan sudah berakhir dan 70 langkah orang terakhir dari tempat dikuburnya mayat.

Munkar dan Nakir akan menanyakan beberapa hal berikut, “Siapakah Tuhan mu?”, “Siapa Nabi mu?”, “Apa agama mu?”, jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah Tuhan mereka adalah Allah, nabinya Muhammad dan agamanya adalah Islam, karenanya si mayat akan diberikan kelapangan dan dinyatakan kuburnya sampai hari kebangkitan. Untuk yang tak bisa menjawabnya akan mendapatkan siksa sampai hari kebangkitan.

Sedangkan telah tersedia gagasan beda telah tersedia yang mengatakan jika yang mereka datangi adalah orang mukmin yang diberi taufik, karenanya yang akan datang adalah para malaikat yang bernama Mubassyar dan Basyir.

Allahu’alam Bi Syawab