Anak merupakan aset berharga yang dimiliki oleh orang tua, maka sepatutnya  orang tua mempunyai kewajiban untuk membimbing dan membina anaknya dalam banyak hal, salah satu tugas orang tua adalah mengenalkan dan mengajarkan Al Quran pada anak sedini mungkin, karena Al Qur’an merupakan buku petunjuk hidup manusia. Al Qur’an diturunkan oleh Allah sebagai Nur (cahaya), yang membedakan antara kebenaran dan kebatilan. Inilah pentingnya Al-Qur’an itu sebagai pedoman hidup. sebagaimana Allah SWT berfirman dalam quran surat Al Baqarah 

ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

“Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.” (QS. Al Baqarah ayat : 2)

begitu pentingnya Al Quran bagi umat muslim, maka sebagai orang tua muslim dituntut memilki tanggung jawab moril dalam mengenalkan dan mengajarakan al Quran bagi anak dan keturunannnya, karena orang tua merupakan madrasah pertama dalam keluarga, sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (QS.At-Tahrim Ayat 6).

Orang tua yang mengajarkan Al-Qur‟an kepada anak anaknya, dan bersabar dalam mendidik mereka, maka mereka mendapatkan pahala yang besar, sebanding dengan keletihan, kesabaran serta beban yang harus ditanggungnya dalam mendidik mereka. 

Mereka berdua akan mendapatkan dua pakaian kebesaran yang tidak dapat diangkat oleh penduduk bumi, karena mengajarkan Al-Qur‟an kepada anak-anak kecil merupakan metode pengajaran yang diwariskan oleh para pendahulu kita (Al-Salaf Al-Shalih). 

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu „anhu yang marfu‟ kepada Nabi Shalallahu `alaihi wasallam beliau bersabda:  

“…dan dikenakan kepada kedua orang tuanya dua pakaian indah, yang tidak bisa dinilai dengan dunia dan seisinya. Keduanya berkata: „Ya Rabb, bagaimana kami bisa mendapatkan balasan seperti ini?‟ Dijawab: „Dengan mengajarkan Al-Qur‟an kepada anak-anakmu.” HR. Al-Thabarani dalam Al-Awsath (6/51) no. 5764

begitu besar janji Allah bagi para orang tua yang dapat memberikan didikan terbaik bagi anaknya, khusus nya dalam mendidik dan mengajarkan Al Quran, Al-Imam al-Ghazali menyatakan bahwa apabila seorang anak dididik untuk  berbuat baik sejak dini, maka ia akan tumbuh besar menjadi baik, bahagia di dunia dan akhirat. Orang tua serta pendidiknya mendapatkan pahala atas usaha mendidiknya. Namun bila anak dibiarkan terdidik dengan pola buruk, maka ia akan terbiasa melakukan keburukan, celaka di dunia dan akhirat. 

artinya mendidik anak merupakan amalan jariyah sekaligus investasi dunia dan akhirat,  karena bisa jadi kelak anak menjadi sebab orang tuanya masih mendapatkan pahala, meskipun orang tuanya sudah meninggal dunia. Sesuai dengan sabda Rasulullah, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ ابنُ آدم انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

“Apabila seorang manusia meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, atau ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak saleh yang mendoakannya”. (HR Muslim)

Bagaimana dengan orang tua yang tidak mempunyai waktu untuk mengajar karena kesibukan? atau karena ketidak tahuan untuk mengajar mengaji?, tidak bisa menjadi sebuah alasan bagi orang tua, jika hal itu terjadi maka tugas orang tua adalah mengarahkan, karena hampir semua masjid ada TKA-TPA nya, dewasa ini semakin berkembang teknologi, terdapat banyak platform yang dapat digunakan untuk belajar Quran salah satunya gurungaji.com denga metode pengajaran Qur’an yang cepat dan mudah difahami. sebagaimana Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda,  

“Hak anak atas orang tuanya ada tiga : memilihkan nama yang baik ketika baru lahir, mengajarkan Kitabullah (Al-Qur”an) ketika mulai berfikir dan menikahkannya ketika dia dewasa” (HR. Ahmad)

mari bersama sebagai orang tua, mendidik generasi untuk mencintai Al-Qur’an dan buatlah anak cinta untuk mengamalkan isi Al-Qur’an lalu  mendakwahkannya dalam kehidupan sehari hari. Karena bekal yang terbaik bagi anak adalah Al-Qur’an. Al Qur’an akan selalu menuntunnya untuk selamat dan sukses di dunia dan di akhirat.

Wallahu A’lam Bishawab….