Membaca Al Quran merupakan ibadah yang bernilai pahala, salah satunya membaca Surat Al Waqiah, Surat Al Waqiah adalah surat ke-56 Al Quran. Surat ini terdiri atas 96 ayat dan termasuk golongan Makkiyah karena diturunkan di Makkah.  

Surat Al Waqiah artinya Hari Kiamat. Surat ini berjumlah 96 ayat termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah.

Mufasir M Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah menerangkan, tema utama Surat Al Waqiah tentang Hari kiamat serta penjelasan apa yang akan terjadi di bumi, serta kenikmatan yang akan diperoleh orang-orang bertakwa dan apa yang akan dialami para pendurhaka perintah Allah SWT kelak di hari kiamat.

Al Biqa’i berpendapat bahwa ada tiga kelompok atau golongan yang diuraikan dalam Surat Al Waqi’ah. Pertama, orang-orang yang dekat dengan Ar Rahman tampil mendahului orang-orang taat yang lain. Kelompok ini disebut As Saabiqun.

Kelompok kedua orang-orang taat selain mereka As Saabiquun yakni Ashabul Yamin, dan kelompok ketiga, orang-orang yang secara terang-terangan melakukan kedurhakaan dan bersikap munafik baik dari kelompok manusia maupun jin. Mereka ini disebut ashabul masy’amah.

Surat Al Waqiah memiliki banyak keutamaan bagi siapa pun yang rutin mengamalkannya. Salah satu keutamaan membaca Surat Al Waqiah adalah menjadi pembuka pintu rezeki.

Lantas apa saja keutamaan dari surat Al Waqiah? Berikut tiga keutamaan yang dijelaskan dalam hadis, dirangkum berbagai sumber.

  1. Dijauhkan dari kefakiran

Terdapat beberapa hadis Rasulullah dan pendapat ulama mengenai keutamaan Al Waqiah. Salah satunya adalah mencegah dari kefakiran atau kemelaratan dan kesempitan hidup.

Diceritakan pula, Abdullah ibn Mas’ud dan Utsman ibn Affan merupakan dua sahabat yang senantiasa taat kepada titah Rasulullah.

Satu hari ketika Abdullah ibn Mas’ud sedang dalam kondisi kurang sehat, Utsman ibn Affan ingin membantunya menggalang dana, tetapi Abdullah ibn Mas’ud menolak dan mengatakan hal berikut:

“Aku tidak takut putra-putraku akan terjatuh dalam lubang kemskinan. Aku sudah memerintahkan semua anakku untuk membaca surat Al Waqiah setiap malam. Dan itu yang aku dengan dari sabda Rasulullah, ‘Barang siapa membaca surah Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan fakir'” ucap Abdullah ibn Mas’ud kepada Utsman ibn Affan.

قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ: أَخْبَرَنِي السُّرِّي بْنُ يَحْيَى أَنَّ شُجَاعًا حَدَّثه، عَنْ أَبِي ظَبْيَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: “مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا”

Abdullah ibnu Wahb mengatakan, telah menceritakan kepadaku As-Sirri ibnu Yahya, bahwa Syuja’ pernah menceritakan hadis ini dari AbuZabyah, dari Abdullah ibnu Mas’ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

  1. Membuka pintu rezeki

Membaca surat Al Waqiah dengan khusyuk dan memahami sungguh-sungguh artinya, insya Allah akan menjadi pintu pembuka rezeki bagi yang mengamalkan suratnya.

“Surat Al Waqiah adalah surat kekayaan maka bacalah dan ajarkanlah ia kepada anak-anakmu.” (HR Ad Dailamiy)

  1. Surat yang disukai Rasul

Dari sekian banyak surat-surat Al Quran yang dibaca Rasulullah, Al Waqiah termasuk surat yang disukai dan rutin dibaca.

Di bawah ini terdapat hadis yang disahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Al-Hakim dan Adz-Dzahabi, berbunyi:

عن ابنِ عبّاسٍ قالَ : قالَ أَبُو بَكْر رضي الله عنه: “يَا رَسُولَ الله قَدْ شِبْتَ. قالَ: شَيّبَتْنِي هُودٌ وَالْوَاقِعَةُ وَالمُرْسَلاَتُ و {عَمّ يَتَسَاءَلُونَ} و {إِذَا الشّمْسُ كُوّرَتْ}

Artinya: “Seperti diceritakan Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, Engkau telah beruban.” Nabi SAW menjawab, “Telah membuatku beruban (surat) Huud, Al Waqiah, Al Mursalaat, Amma yatasaa aluun, dan Idzasy syamsu kuwwirat'” (HR Tirmidzi)

mudah mudahan kita senantiasa istiqomah dalam menjalankan amalan kebaikan, pada dasarnya semua surat di dalam Quran wajib kita baca untuk mendapatkan kebaikan, Wallahualambisahwab