Setan memiliki beragam cara dan bentuk untuk memperdaya manusia. Bisikan setan tak mengenal waktu dan tempat, serta godaannya datang dari berbagi arah.

Bahkan manusia banyak yang terbuai sehingga mengikuti apa yang di inginkan mereka bahkan menggadaikan Imannya dengan bersekutu dengan setan.

Tapi ada seorang pemimpin yang adil dan tegas, yang paling ditakuti oleh Setan atau kalangan Jin, ia adalah Umar bin Khattab

Umar bin Khattab merupakan salah satu sahabat terdekat Nabi Muhammad yang berada di garis depan perjuangan Islam di Madinah, Sayyidina Ummar bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu memang dikenal sebagai sosok yang gagah dan berani.

Sosoknya sebagai pemuka Quraisy amat disegani di kalangannya sendiri, selain tegas, Sayidina Umar adalah seorang pribadi yang cerdas, berani, tangkas, dan kuat,

Umar bin Khattab menjadi salah satu sahabat Nabi Muhammad yang paling disayangi, Ia begitu disayangi oleh Nabi Muhammad karena kejelian dan kejernihannya dalam berpikir.

Tak jarang Umar memberikan ide serta gagasan kepada Nabi Muhammad dalam segala urusan. Kejelian Umar dalam berpikir ini menjadikannya sebagai sosok yang lengkap karena memiliki tubuh kokoh, tegas, keimanan kuat, dan kejernihan berpikir.

Oleh sebab itulah, Umar menjadi sosok yang begitu diperhitungkan bahkan dapat menjadi salah satu khalifah sepeninggal Rasulallah Saw

Imam Al-Muzani rahimahullah berkata,

 “Dan dikatakan tentang keutamaan Khalifah (pengganti) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu adalah manusia terbaik dan terpilih sepeninggal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kita sebutkan di urutan kedua setelahnya adalah Al-Faruq Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu…..”

Ada suatu kisah menarik tentang sosok Umar bin Khatab ini, ia merupakan salah satu sahabat nabi yang paling ditakuti oleh kalangan Jin (setan).

Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya setan benar-benar takut padamu wahai Umar……” (HR. Tirmidzi)

Sedangkan dalam hadist lain Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sungguh aku melihat setan dari kalangan manusia dan jin lari dari ‘Umar.” (HR. Tirmidzi)

Jin (setan) Takut Berpapasan Dengan Umar

Fakta menarik lainnya, bahwa sayidina Umar selain ditakuti oleh para musuh Islam, Setan pun takut jika berpapasan dengan Sayidina Umar bin Khattab,

Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Ibnul al-Khaththab, demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tanganNya, sesungguhnya tidaklah setan menemuimu sedang berjalan di suatu jalan kecuali dia akan mencari jalan lain yang tidak engkau lalui.” (HR. Tirmidzi)

Kisah Umar dan Kalangan Jin

Ada lagi satu kisah yang menggambarkan betapa gagahnya sosok Umar di hadapan bangsa jin dan setan. Umar tengah berjalan-jalan di Kota Madinah, ketika ia bertemu dengan jin yang mengaku paling menakutkan di antara bangsanya.

Sementara Umar yang tak ciut sedikitpun meladeni kesombongan jin tadi. Lantas keduanya terlibat dalam sebuah peretempuran. Namun, tak perlu waktu lama bagi Umar untuk mengalahkan jin hingga telak.

Beberapa waktu berlalu, ternyata jin tadi belum juga putus asa. Ia kembali mendatangi Umar dan memamerkan kesombongannya.

“Kenapa lengan jin itu kurus sekali, mirip dengan lengan anjing,” sahut Sayydina Umar dengan santai.

“Aku adalah jin yang paling kuat di antara jin sebangsaku,” kata jin dengan sombong. Memang jin tersebut bisa dibilang paling besar dan kuat dibanding jin-jin lain. Tetapi, tak ada rasa gentar sedikitpun singgah di hati Umar pada bangsa jin dan setan.

Tanpa banyak perbincangan, keduanya kembali terlibat pertempuran. Sayang bagi jin, ternyata Umar masih terlalu kuat dan tangguh untuknya. Sehingga jin menerima kekalahan untuk kedua kalinya.

Umar yang terlalu geram dengan jin ini akhirnya manahannya dengan sangat kuat. Sayydina Umar terlihat enggan melepasakan jin di hadapnnya tersebut.

“Aku tidak akan melepaskanmu kecuali kalian memberitahu kepadaku sesuatu yang bisa melindungki dari kalian,” tegas Umar.

“Ayat kursi,” jawab jin ketakutan.

Setelah itu barulah Umar melapaskan jin tadi. Keduanya tak pernah lagi bertemu lantaran jin sangatakut dan tak mau lagi berurusan dengan Sayyidina Umar.

Demikianlah gambaran ketegasan dan keberanian Umar sampai-sampai disegani dan ditakuti oleh bangsa jin dan setan. Wallahu ‘alam