Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan yang mewajibkan semua umat Islam di dunia untuk melaksanakn Ibadah Puasa. 

Secara pengertian, Puasa adalah : 

الإِمْسَاكُ نَهَاراً عَنِ المُفَطَّرَاتِ بِنِيِّةٍ مِنْ أَهْلِهِ مِنْ طُلُوعِ الفَجْرِ إِلَى غُرُوبِ الشَّمْسِ

Artinya: “Menahan diri pada siang hari dari hal-hal yang membatalkan puasa dengan niat ibadah sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.” (Dikutip Ahmad Zarkasih melalui Kasysyaf Al-Qinaa

Sebanyak 2 Milyar kaum muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa, yang tersebar di berbagai negara, karena mereka tersebar di berbagai penjuru dunia, maka ada hal menarik.

Yaitu, waktu setiap negara dalam melaksanakan ibadah puasa itu bervariasi. artinya setiap negara memilki perbedaan waktu dalam melaksanakn ibadah puasa.

Perbedaan letak geografis tentu saja mempengaruhi lamanya pergantian pagi dan petang di berbagai negara. 

Nah, pernahkah kamu berpikir berapa lama muslim di negara lain berpuasa dalam satu hari? Karena seperti diketahui, bahwa puasa dilakukan dengan menahan hawa nafsu dari matahari terbit hingga terbenam.

Berikut beberapa negara dengan waktu puasa terlama dan tersingkat di dunia,

  1. Negara dengan Waktu Puasa Terlama

Negara lain yang bisa merasakan puasa terpanjang karena letak geografis dan musim saat bulan Ramadan di antaranya adalah Islandia dan Finlandia.

Umat muslim Islandia yang bisa menjalankan puasa selama 22 jam sehari. Kemudian ada juga negara Finlandia di mana umat muslim yang menjalankan puasa bisa hampir seharian yaitu selama 23 jam sehari.

Hal itu karena negara yang tinggal lebih jauh ke utara bumi akan menjalani puasa lebih lama daripada rekan-rekan negara yang tinggal lebih dekat ke khatulistiwa atau di belahan bumi selatan selama Ramadan.

Namun pada puasa Ramadan 2023, umat muslim di Oslo menjadi salah satu yang tergolong punya durasi puasa lama dengan lebih dari 17,5 jam. Kemudian disusul Inggris dengan 16 jam.

  1. Negara dengan Waktu Puasa Tersingkat

Chili yang terletak di Amerika Serikat ini tercatat sebagai negara dengan waktu puasa terpendek di dunia. Umat muslim di Chili melakukan puasa sejak pukul 05.31 dan berbuka puasa pukul 15.00, kalau dihitung-hitung mereka hanya berpuasa selama kurang lebih 9 jam. Walaupun sebentar umat muslim di sana harus berpuasa di udara kering dan cuaca dingin.

Sedangkan umat Islam di Jakarta, Indonesia, tergolong lebih singkat dibanding negara di belahan utara dengan berpuasa selama kurang lebih 13 jam 15 menit. Mirip dengan durasi di kota Lagos Nigeria yang memiliki durasi 13 jam 33 menit.

Kemudian yang lhampir sama dengan Indonesia  ada Melbourne yang hanya memiliki waktu siang hari sekitar 12,5 jam pada Ramadan 2023.

sebagai Muslim yang berada di Negara Indonesia kita patut bersyukur, karena memilki waktu puasa yang tergolong singkat, dibandingkan dengan negara negara lain khusunya di eropa.

ditambah cuaca di Indonesia tidak se ekstrim cuaca seperti di chile dan sebagian negara afrika yang kering dan panas.

Semoga puasa kita di tahun 2023 menjadi Ibadah puasa terbaik yang diterima oleh Allah Swt, jangan sampai kita termasuk orang yang berpuasa tapi tidak mendapat pahala puasa.

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” 

(HR. Ath Thobroniy dalam Al Kabir dan sanadnya tidak mengapa. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1084 mengatakan bahwa hadits ini shohih ligoirihi –yaitu shohih dilihat dari jalur lainnya).