Nabi Luth akan Diusir dari Kota Sodom

 
Dalam dakwahnya, Nabi Luth tidak bosan-bosannya mengingatkan umatnya tentang hukuman berat dari Allah SWT. Dia meminta umatnya untuk segera meninggalkan praktik maksiat yang amoral dan dibenci Allah SWT. Jengah dengan aksi Nabi Luth, kaum Sodom lantas berencana untuk mengusir Nabi Luth dari Kota Sodom. Namun, sebelum itu, mereka memberikan peringatan terakhir kepada Nabi Luth. “Wahai Luth! Jika kamu tidak berhenti, kamu akan menjadi salah satu dari mereka yang diusir!”
 
Namun, Nabi Luth tidak gentar sedikit pun. Dia tetap mengajak kaumnya untuk beriman dan beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, mereka juga diminta untuk meninggalkan kebiasaan yang mungkar, menjauhi maksiat, kejahatan, hingga menghindari rayuan iblis dan setan.
 
Nabi Luth memperingatkan kaum Sodom bahwa bahwa Allah SWT adalah pencipta manusia beserta alam sekitarnya. Allah SWT juga tidak menyukai segala amal perbuatan kaum Sodom yang tidak berperikemanusiaan. Bahkan, Allah SWT juga akan memberi mereka ganjaran yang setimpal dengan semua amal perbuatan mereka. Allah SWT telah berjanji, barang siapa yang berbuat kebaikan dan beramal soleh akan diberi pahala dan surga di akhirat kelak. Sementara, mereka yang berbuat mungkar akan diberi balasan berupa azab dan neraka Jahanam yang sangat pedih.
 

Nabi Luth Tetap Teguh Berdakwah Kendati Sering Diancam

 
Meskipun sering diancam, Nabi Luth tetap menjalankan dakwahnya. Dia tetap meminta umatnya untuk meninggalkan perbuatan zina homoseksual dan lesbian. Sebab, kedua perbuatan itu sangat bertentangan dengan fitrah dan hati nurani manusia. Selain itu, perbuatan kaum Sodom juga sudah menyalahi hikmah dalam penciptaan yaitu lelaki dan wanita.
 
Nabi Luth juga menasihati kaum Sodom untuk menghormati hak milik barang masing-masing serta meninggalkan kebiasaan berupa perampasan, perampokan hingga pencurian yang selalu terjadi di antara mereka. Apalagi, tidak sedikit pula musafir yang menjadi korban. Segala perbuatan kaum Sodom akan merugikan mereka sendiri. Sebab, perbuatan itu akan menimbulkan kekacauan, ketidakamanan di dalam negeri sehingga mereka juga pasti tidak akan merasa aman dan tenteram dalam hidupnya.
 
Namun, tidak semudah itu membawa kaum Sodom ke jalan Allah. Mereka tetap saja bermaksiat dan melakukan kejahatan. Pada akhirnya, Nabi Luth berdoa kepada Allah agar semua kaum Sodom diazab seberat-beratnya lantaran tidak mau mengikuti jalan yang benar.
 

Kedatangan Tiga Pemuda Tampan Beserta Azab untuk Kaum Sodom

 
Setelah sekian tahun berdakwah, tidak ada seorang pun di Kota Sodom yang mau beriman kepada Allah SWT. Satu-satunya keluarga muslim di Kota Sodom adalah keluarga Nabi Luth dan tidak semuanya beragama Islam. Hanya Nabi Luth dan kedua putri yang taat dalam agama, sementara sang istri tetap tidak beriman. Karena itulah, Nabi Luth berdoa kepada Allah SWT. Dia meminta pertolongan untuk melawan kaumnya yang tidak beriman dan masih suka bermaksiat.
 

Tiga Pemuda Tampan Jadi Incaran Kaum Sodom

 
Sebagai jawaban atas doa Nabi Luth, Allah SWT mengirim tiga malaikat, yang menyamar sebagai laki-laki ke rumah Nabi Ibrahim sebagai tamu. Namun, Ibrahim gagal mengenali para malaikat tersebut. Dia lantas menyiapkan hidangan untuk para tamunya, Namun, ketiga laki-laki itu menolak makanan tersebut.
 
Takut sekaligus penasaran, Nabi Ibrahim lantas bertanya, “Siapa kalian?”
Malaikat menjawab, “Jangan takut. Kami adalah para malaikat Allah. Kami telah dikirim kepada orang-orang Luth. Kami memberimu kabar gembira tentang seorang putra yang memiliki banyak pengetahuan dan kebijaksanaan.”
 
Nabi Ibrahim pun kini paham bahwa hukuman Allah SWT bagi kaum Sodom sudah dekat. Namun, dia juga mengkhawatirkan keselamatan Nabi Luth. Para malaikat itu pun meyakinkan Nabi Ibrahim bahwa Nabi Luth beserta keluarganya akan diselamatkan.
 
Ketiga malaikat itu bertamu ke rumah Nabi Luth. Tentu saja Nabi Luth terkejut saat melihat ketampanan mereka. Bagaimana tidak, mereka pasti akan menjadi korban kaum Sodom. Takut diketahui kaum Sodom, Nabi Luth segera membawa mereka masuk dan menutup pintu rapat-rapat.
 
Nabi Luth juga berpesan kepada istri dan dua putrinya agar merahasiakan kedatangan para tamu ini. Apabila kedatangan mereka sampai tercium kaum Sodom, habislah riwayat mereka. Nabi Luth merasa tidak sanggup menghadapi kaum Sodom yang sangat bengis dan haus bermaksiat itu. Namun, informasi tentang keberadaan tiga laki-laki tampan begitu cepat tersebar luas. Istri Nabi Luth yang memang tidak beriman langsung membocorkannya pada kaum Sodom. Itulah alasan mengapa dakwah Nabi Luth kerap gagal, sebab sang istri selalu membocorkan informasi apapun terkait dakwah Nabi Luth. Timbal baliknya, istri Nabi Luth menerima emas dan perak dari kaum Sodom.
 

Kisah Nabi Luth Dikepung Kaum Sodom yang Ingin Bermaksiat

 
Apa yang dikhawatirkan oleh Nabi Luth akhirnya terjadi. Informasi tentang tiga laki-laki tampan langsung tersiar dari mulut ke mulut dengan begitu cepat. Tanpa menunggu waktu lama, mereka bergegas mendatangi rumah Nabi Luth untuk melihat para tamunya serta memuaskan hawa nafsunya. Namun, Nabi Luth tidak membuka pintu rumahnya.
 
“Kembalilah ke rumah masing-masing! Jangan ganggu tamu-tamuku yang datang dari jauh. Kalian sepatutnya memuliakan dan menghormatinya!” seru Nabi Luth dari dalam rumah. Namun, seruan Nabi Luth diabaikan begitu saja. Dia …